Penyebab Terjadinya Penyakit Batu Empedu

Penting bagi kita untuk mengetahui penyebab terjadinya suatu penyakit, agar kedepannya kita lebih hati-hati dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara tepat. Seperti pada penyakit batu empedu ini, gaya hidup tetap menjadi poin penting dalam kesehatan. Terbukti bahwa terbentuknya batu ini adalah dari kolesterol yang tinggi. Sedangkan kolesterol yang tinggi dapat berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Oleh karena itu, kita harus memperbaiki asupan makanan.


Penyebab Penyakit Batu Empedu

Empedu merupakan cairan dalam kantong empedu yang mempunyai fungsi dalam pencernaan lemak. Pembentukan batu empedu bisa terjadi bila empedu mengandung banyak kolesterol, bilirubin, atau kurangnya garam empedu. Ketika kandung empedu tidak bisa dikosongkan dengan benar, risiko pembentukan batu empedu bisa meningkat.

Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena batu empedu karena kadar estrogen yang berlebihan akan menyebabkan kadar kolesterol yang lebih tinggi pada empedu. Riwayat keluarga, obesitas, dan kondisi kesehatan tertentu bisa dikaitkan dengan batu empedu. Diet tinggi lemak dan diet rendah serat juga turut menjadi faktor terjadinya batu empedu.