Tips Sehat Mencegah Penyakit Batu Empedu

Selamat datang, pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tips sehat mencegah penyakit batu empedu. Ini penting bagi kita semua agar dapat terhindari dari penyakit yang mengganggu ini. Di bawah ini adalah beberapa tipsnya:

Tips Mencegah Penyakit Batu Empedu

tips mencegah batu empedu

Menjaga berat badan tetap sehat ideal
Kelebihan berat badan atau memiliki obesitas semakin memperluas peluang resiko terbentuknya batu empedu. Hidup yang sehat juga perlu diimbangi dengan olahraga minimal 30 menit per sessi cukup 2-3 kali dalam seminggu.

Membatasi asupan lemak
Tidak semua lemak memberikan resiko terbentuknya batu empedu, namun lemak yang jumlahnya melebihi kapasitas dalam tubuh tanpa diimbangi dengan komponen lainnya akan membuat timbunan lemak yang akhirnya menimbulkan resiko terhadap gangguan penyakit tubuh, seperti terbentuknya batu empedu. Dengan membatasi dan mencukup asupan lemak dari berbagai jenis makanan maupun minuman merupakan salah satu langkah awal dalam mencegah terbentuknya batu empedu.

Batasi makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti daging merah dan mentega yang dapat menyebabkan terbentuknya batu empedu. Tubuh tetap membutuhkan lemak untuk memproduksi energi, oleh karenanya beralihlah mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun atau asam lemak omega 3 akan membantu mengurangi resiko terkena batu empedu.

Membatasi konsumsi alkohol dan kopi
Alkohol tidak hanya terdapat pada jenis minuman saja, alkohol juga terkandung dalam beberapa jenis makanan seperti panganan yang menggunakan ragi, tuak, bir dsb. Beberapa pendapat ada yang berpendapat bahwa dengan mengkonsumsi alkohol maksimal 2 gelas dalam sehari dapat membantu mengurangi terbentuknya batu empedu.

Hal senada juga disampaikan pada sebuah majalah di The New York Times Health Guide, jika seorang wanita minum 1 oz alkohol dalam sehari dapat mengurangi risiko dari terbentukya batu empedu hingga 20 %. Kopi yang mengandung unsur kafein tak selalu berbahaya bagi tubuh. Konsumsi dalam takaran normal (1 cangkir = 100 ml). Unsur kafein dalam kopi akan berkontribusi di dalam kandung empedu yang dapat mengurangi proses pembentukan batu empedu.

Konsumsi serat pada buah dan sayuran hijau
Diketahui berbagai jenis buah dan sayuran hijau memiliki kandungan tinggi serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Mereka yang melakukan penurunan berat badan dan diet untuk membatasi jumlah lemak dengan mencukupi konsumsi serat maka akan membantu mengurangi resiko dari terbentuknya batu empedu.